Nasional

Tiga WNI Dibebaskan, Tersisa Dua Orang Disandera Abu Sayyaf

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan, tiga dari lima warga negara Indonesia (WNI) yg disandera oleh kelompok Abu Sayyaf sudah dibebaskan.

Ketiga WNI tersebut adalah Ferry Arifin, M Mahbur Dahlan, dan Edi Suryono.

Mereka yaitu anak buah kapal TB Charles punya PT Rusianto Bersaudara yg diculik pada bulan Juni lalu.

“Kami sampaikan bahwa tiga dari lima sandera sudah dibebaskan. Tadi malam (Sabtu 1/10/2016) sudah dijemput oleh tim khusus dan sudah dibebaskan pada pukul 23.35,” ujar Retno di kantor Panglima TNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Retno mengatakan, ketika ini ketiga WNI tersebut berada di Sulu bersama join task force Westmincom bagi pemeriksaan kesehatan. Proses selanjutnya, ketiganya mulai dibawa ke Zamboanga buat diserahterimakan secara resmi kepada Pemerintah Indonesia yg dalam hal ini mulai diwakili KBRI di Manila.

(Baca: Lagi, Tiga WNI Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf)

“Kepulangan mulai kita sampaikan pada kesempatan pertama setelah proses di  Zamboanga sudah selesai dilakukan. Keluarga ketiga sandera tersebut pun sudah dihubungi Kementerian Luar Negeri terkait kabar pembebasan tersebut,” kata Retno.

Sementara itu, masih ada beberapa WNI lainnya yg disandera oleh kelompok Abu Sayyaf, yakni Robin Peter dan M Nasir. Pemerintah Indonesia, kata Retno, mulai selalu mengupayakan pembebasan beberapa sandera itu dan selalu menjalin kerja sama dengan Pemerintah Filipina.

“Pemerintah Indonesia masih berupaya sekuat tenaga buat membebaskan kedua saudara kami tersebut. Kami mohon doa agar pembebasan kedua sandera tersebut mampu langsung berhasil,” kata dia.

Kompas TV Abu Sayyaf Bebaskan 3 Sandera Indonesia

Sumber: http://nasional.kompas.com