Nasional

Usai Klarifikasi Ahok, Polisi Akan Minta Pendapat Ahli Bahasa Dan Agama

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Reserse Kriminal Polri mulai langsung meminta pendapat ahli terkait perkara dugaan penistaan agama yg dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Nanti ada saksi ahli di bidang agama, bidang bahasa,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/10/2016).

Boy mengatakan, ahli di bidang bahasa dan agama mulai dimintai pendapatnya oleh penyidik terkait pernyataan Ahok yg mengutip ayat suci Al Quran di Kepulauan Seribu.

Akibat pernyataannya itu, Ahok harus berurusan dengan polisi lantaran dianggap melakukan penistaan agama.

Sejauh ini telah ada delapan laporan masyarakat yg masuk ke Polisi. Boy menambahkan, informasi ahli di bidang bahasa dan agama ini juga mulai melengkapi informasi saksi sebelumnya yg telah diperiksa.

Polisi, kata dia, telah memeriksa 10 orang saksi, termasuk Ahok sebagai terlapor pada Senin pagi ini.

“Nanti setelah itu ada analisis terhadap alat bukti yg dimiliki penyidik. Biasanya ada mekanisme gelar masalah juga bagi melihat sejauh mana alat bukti yg ditemukan dalam proses pemeriksaan ini,” ucap Boy.

Ahok telah membantah melakukan penistaan agama. Meski demikian, ia mengucapkan permintaan maaf kepada umat Islam.

(Baca: Ahok Minta Maaf kepada Umat Islam)

“Saya sampaikan kepada segala umat Islam atau kepada yg merasa tersinggung, aku sampaikan mohon maaf. Tidak ada maksud aku melecehkan agama Islam atau apa,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/10/2016).

Ahok merasa bukanlah orang yg anti atau memusuhi agama tertentu, termasuk Islam. Ia mengatakan, selama pemerintahannya, banyak madrasah yg mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Bukan aku mau ria (pamer) ya, sekolah-sekolah Islam yg kita bantu izin berapa banyak, termasuk KJP (Kartu Jakarta Pintar) bagi madrasah, termasuk kita bangun masjid,” ujar dia.

(Baca: Ahok Berjanji Tak Akan Lagi Kutip Ayat Kitab Suci)

Oleh karena itu, Ahok meminta agar polemik mengenai ucapannya itu tidak lagi diperpanjang.

Kompas TV Ahok Sampaikan Klarifikasi ke Bareskrim Polri

Sumber: http://nasional.kompas.com