Tanjungpinang

Waduk Gesek Resmi Beroperasi 100 Liter/Detik

info Tanjungpinang – Mulai hari ini, Rabu (11/2/2015) waduk Gesek yang sedianya hanya mampu beroperasi 50 liter/detik, kini resmi beroperasi dengan debit lebih besar yakni 100 loter/detik setelah diresmikan Gubernur Kepri Muhammad Sani. Persoalan air adalah hal utama yang diperhatikan Gubernur Kepri Muhammad Sani dan Wakilnya H. Soerya Respationo sejak dilantik pada Agustus 2010 silam.

Selain air, persoalan mendasar lain yang menjadi perhatian khusus 2HMS adalah listrik dan konektivity. Sejauh ini, Kepulauan Riau, khususnya Bintan selalu didera dengan persoalan air. Keneradaan waduk Sei Pulai di KM 14 arah Kijang yang sudah beroperasi sejak lama hanya mampu menampung debit maksimal 250 liter/detik, dan waduk di Kolong Enam Kijang baru mampu menampung debit 50 liter per detik.

Waduk Gesek Resmi Beroperasi 100 Liter Detik
Waduk Gesek Resmi Beroperasi 100 Liter Detik

Dengan adanya tiga waduk yang ada saat ini, yakni waduk Gesek, Sei Pulai dan Kolong Enam baru mampu menampung kapasitas air maksimal total 400 liter/detik.

“Dengan semua waduk yang sudah beroperasi itu, tentu masih belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu kita terus berupaya menambah kantung-kantung air lainnya. Termasuk kita juga sedang merancang pembangunan wadul lagi di Kawal dan Busung. Serta berupaya meningkatkan kapasitas waduk yang sudah ada ini. Insya Allah 10 atau 12 tahun kedepan, Bintan dan Kepri umumya tidak lagi kesulitan air,” kata Sani dalam sambutannya.

Waduk Gesek sendiri mulai dirintis pembangunannya sejak tahun 2012 silam dengan anggaran sebesar Rp8 miliar. Tahun 2012 dimulai dengan pematangan lahan, tahun 2013 memperluas pembangunan waduk dan tahun 2014 melengkapi fasilitasnya.

“Alhamdulillah sekarang semuanya berjalan dengan lancar dan sudah bisa beroperasi 100 liter per detik. Ini patut kita syukuri bersama, karena pemerintah juga tidak akan bisa membangun tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak,” terang Sani lagi.

Sani juga berterimakasih kepada Dirjen PU yang sejauh ini serius menanggapi apa yang dicita-citakan Pemerintah Provinsi Kepri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih.

Hadir pada saat peresmian ini, Sekdaprov Kepri Robert Iwan Loriaux, Dirjen Sumber Daya Air wikayah Sumatera Regional IV Agus Rudianto, wakil Bupati Bintan Khazalik, sejumlah kepala SKPD dan tokoh masyarakat. (Humas)