Wajib Berusia Minimal 7 Tahun untuk Masuk Sekolah Dasar Negeri

info Tanjungpinang – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dipastikan akan bertambah banyak. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Batam, Rustam Efendi, Selasa (27/5/2014). Sementara itu, daya tampung SD hanya berkisar 15.800. Jumlah tersebut yang nantinya lulus meneruskan ke tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP).

Rustam mengatakan, calon peserta siswa SD yang akan mendaftar itu pun tidak hanya berasal dari Batam sendiri, melainkan dari luar Batam pun banyak yang datang ke Batam bersama keluargnya untuk sekolah di Batam. Hal itu juga memengaruhi peningkatan angka peserta didik tingkat meningkatnya siswa di Batam.

Wajib Berusia Minimal 7 Tahun untuk Masuk Sekolah Dasar Negeri
Wajib Berusia Minimal 7 Tahun untuk Masuk Sekolah Dasar Negeri (pic kelastigace.blogspot.com)

“Karena Batam menjadi salah satu kota dengan warga pendatang, hal itu jadi faktor meningkatnya siswa, karena pasti sebagaian ada orangtuanya yang merantaunya dengan membawa anaknya, hal itu kan tidak bisa dibendung, ditolak juga tida mungkin,” ujar Rustam, kepada Tribun, Selasa (27/5/2014). Beberapa solusi yang akan digalakkan Dinas Pendidikan Kota Batam, salah satunya yakni dengan membuat aturan dengan membatasi umur anak didik yang akan mendaftar.

Hal itu menurutnya untuk mengantisipasi membeludaknya PPDB SD di Batam, selain itu juga agar kondisi penerimaan tetap kondusif. “Kurang dari tujuh tahun akan dipertimbangkan oleh sekolah, jika sudah memaskuki 7 tahun maka tanpa pertimbangan akan diterima anak tersebut,” katanya.

Menurutnya, anak yang masih di bawah usia 7 tahun maka akan menjadi pertimbangan sekolah yang menerima pendaftaran. Hal tersebut nantinya akan ditentukan sesuai kuota kapasitas daya tampung sekolah tersebut.

Jika nantinya calon pendaftar yang ditolak oleh sekolah karena alasan tersebut, orangtua siswa diberi solusi untuk mendaftarkan anaknya di sekolah swasta. Ia memastikan bahwa siswa SD yang masuk ke SMP diperkirakan sekitar 20 ribuan. Untuk menanggulangi hal tersebut, Disdik Batam akan menambah ruang kelas baru (RKB) untuk 34 SD yang ada di Batam.

Untuk tambahan tersebut, diperkirakan akan menambah daya tampung sekitar 1.190 siswa.

 

Sumber: Laporan Wartawan Tribun Batam, Wahib Wafa

You might like

About the Author: infotanjungpinang

Hati perlu iman, otak perlu ilmu. Marilah kita beriman dan berilmu. Indahnya hidup berkah dengan berbagi ilmu.