Tanjungpinang

Wakil Wakota Tanjungpinang Panen Jagung di Kantor Gapensi

info Tanjungpinang – Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, melakukan panen jagung di kantor Gabensi Kota Tanjungpinang, Jalan Raja Haji, Km. 8, Tanjungpinang, Selasa (16/6).

Wakil Wakota Tanjungpinang Panen Jagung di Kantor Gapensi
Wakil Wakota Tanjungpinang Panen Jagung di Kantor Gapensi

Panen jagung itu dilakukannya bersama Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Said Jaafar, Ketua Gapensi Provinsi Kepri, Andi Chori, Wakil Walikota Tanjungpinang, H.Syahrul, S. Pd, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Gapensi ini, kantor dengan lahan sempit itu, bisa dimanfaatkan mereka sebagai lahan pertanian, ” Dengan lahan yang sempit ini, jika kita manfaatkan, akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, buktinya jagung yang di hasilkan, sangat bagus dan berisi, meskipun tanah di tanah bekas ahan bouksit” Ucap Syahrul.

Menurut Syahrul, cara yang digunakan mereka dengan teknologi dan cocopit perlu kita sosialisasikan di masyarakat. Pemko sendiri melalui dinas KP2KE sudah mempunyai program, dan ini bisa kita sinergikan dengan mensosialisasikan teknik penanaman seperti ini.”sebut Syahrul.

Ia menambahkan, masyarakat pun bisa melakukan hal yang sama, dalam pemanfaatan lahan sempit, hal itu, bisa memberikan keuntungan dan manfaat bagi warga itu sendiri. Teknik penanamannya yang dilakukan pengurus gapensi ini, perlu di contoh dan di sosialisaikan ke masyarakat.”Ujar Syahrul

“Mudah-mudahan dengan disosialisasikan ke masyarakat, bisa memotivasi mereka untuk berinovasi pada pemanfaatan lahan-lahan sempit”, Kata Syahrul.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Said Jaafar, menuturkan pemanfaatan lahan sempit bisa menguntungkan bagi warga itu sendiri, itu untuk skala rumah tangga, kalau untuk skala besar, provinsi kepri sangat banyak lahan tidur, atau lahan ex tambang, dan untuk pemanfaatannya, tak salah kalau Gapensi bisa mendatangkan investor, yang ingin berinvestasi pada sektor pangan.

Untuk itu, mari kita terua lakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan sempit, yang bisa ditanam berbagai kebutuhan pangan, bukan saja, jagung, cabe, keladi, bahkan padi bisa kita tanam dengan menggunakan metode cocopit.

Penggunaan cocopit pada tanaman, kata Syahrul, menghasilkan buah/pangan yang bagus, tentunya pemerintah kota tanjungoinang melalui Dinas KP2KE, akan menyusun program kegiatan, supaya penanaman dengan menggunakan cocopit,”Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Provinsi Kepri, Andi Chori, mengatakan gapensi sebagai mitra pemerintah, bukan saja bergerak pada bidang infrastruktir, namun bisa mengembangkan lahan ex tambang sebagai lahan untuk menghasilkan tanaman,”Kami menanam jagung ini menggunakan metode cocopit, dan hasilnya pun bagus, dan saya sudah mencobanya untuk tanaman bunga, jadi, metode cocopit ini, meskipun kita tanam di lahan ex tambang, pasti akan hidup “Pungkasnya.

Usai memanen jagung, Wakil Walikota juga ikut menikmati jagung rebus, dari hasil panen itu. Selain jagung Gapensi juga, menanam tananaman keladi, cabe, dan padi.***

 

Sumber: Humas Pemerintah Kota Tanjungpinang