Kepri Tanjungpinang

Wawako Buka Lomba Kelurahan Terbaik di Kota Tanjungpinang

infoTanjungpinang – Kota Tanjungpinang memiliki 18 Kelurahan, untuk itu, Kelurahan sebagai ujung tombak pemerintah  dalam pelayanan masyarakat, harus senantiasa meningkatkan kinerja, sadar benar akan tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak pemerintah Kota Tanjungpinang “. Demikian ditegaskan Wakil Walikota dalam sambutannya, saat membuka perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2014. Di Restoran Nelayan, Selasa (15/4).

Wawako Buka Lomba Kelurahan Terbaik di Kota Tanjungpinang

Lanjut Wawako, apabila kinerja dan Sumber Daya Manusia di setiap Kelurahan terus ditingkatkan, tentunya Kelurahan sebagai pelayanan terdepan dalam melayani masyarakat di wilayahnya masing-masing, secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat , juga akan lebih baik.

Selain itu, perlombaan Kelurahan terbaik ini dilakukan untuk melihat sejauh mana tingkat perkembanagan dan pencapaian pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan serta keberhasilan masyarakat di wilayah kelurahan tersebut, serta melihat sejauh mana hasil kinerja aparatur kelurahan dan masyarakat kelurahan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya, dengan membandingkan data tingkat perkembangan Kelurahan  dalam kurun waktu 2 tahun terakhir berdasarkan dasar profil Kelurahan sesuai dengan indicator penilaian.

“ Nantinya, pemenang  perlombaan Kelurahan terbaik  Tingkat Kota Tanjungpinang, akan mewakili Kota Tanjungpinang pada perlomba Kelurahan terbaik  Tingkat Provinsi Kepulauan Riau bulan Mei mendatang.” Ucap Wawako.

Diakhir sambutannya, Wawako menghimbau kepada Tim Penilaian Perlombaan, hendaknya memberikan penilaian secara baik dan benar, serta profesiaonal, bagi pemenang perlombaan nanti, saya ucapkan selamat, bagi kelurahan yang belum berhasil menjadi juara terus tingkatkan kinerja dalam melayani masyarakat selalu bersinergi dengan stakeholder sehingga kinerja saudara dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.” Tutup Wawako.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Penmas H. Adnan, S.Sos mengatakan, peserta perlombaan Kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang  Tahun 2014 ini, terdiri dari empat Kelurahan sebagai pemenang terbaik pertama dari setiap Kecamatan se-Kota Tanjungpinang yaitu Kelurahan Penyengat Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kelurahan Kampung Bulang Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Kelurahan Tanjung Unggat Kecamatan Bukit Bestari.

Dikatakannya lagi, Adapun teknis perlombaan yakni ekspose / pemaparan dari masing-masing Lurah, yang dilaksanakan pada hari ini (15/4), serta peninjauan lapangan / lokasi ke empat Kelurahan calon pemenang kelurahan terbaik Tingkat Kota Tanjungpinang yang akan dilaksanakan pada hari Rabu besok (16/4).

Selanjutnya yang menjadi indicator penilaian Kelurahan terbaik  yaitu, pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.” Ungkapnya.

Acara turut dihadiri, para Asisten, Staf Ahli,  jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Ketua GOW Kota Tanjungpinang Juariah Syahrul, Camat, Lurah, TP-PKK,Tokoh Mayarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Tim Penilaian Perlombaan.

 

Sumber: Humas Pemerintahan Kota Tanjungpinang