Teknologi

WhatsApp Untuk Android Diperbarui, Punya Fitur “Streaming” Video

KOMPAS.com – WhatsApp merilis update di Android ke versi 2.16.352. Dalam pembaruan ini, WhatsApp menghadirkan fitur streaming video.

Menggunakan fitur tersebut, pengguna tak perlu lagi mengunduh video yg dikirimkan melalui WhatsApp bagi dapat menontonnya. 

Cara kerja fitur ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (9/12/2016), terbagi menjadi dua.

screenshot Tombol streaming file video di aplikasi WhatsApp

Pertama, buat pengguna yg mengatur WhatsApp supaya mampu secara otomatis mengunduh segala konten yg dikirimkan via layanan chatting tersebut. Jika pengaturan yg dipakai seperti ini, maka aplikasi seperti biasa mulai segera mengunduh video yg masuk.

Bedanya dengan sebelumnya, meskipun proses pengunduhan belum selesai, fitur baru ini membuat pengguna mampu melakukan streaming video tersebut. Jadi selama proses pengunduhan, video telah mampu ditonton.

Kedua, dalam keadaan pengguna mengatur agar konten multimedia tak otomatis diunduh. Bila pengaturan ini yg dipakai, pengguna mulai menemukan sebuah tombol Play dalam video yg diterimanya. Bentuk tombol mampu dilihat melalui gambar di samping ini.

Tombol Play ini berguna buat melakukan streaming video, bukan bagi mengunduh. Ketika menekannya, maka video mulai dimainkan tanpa harus mengunduhnya ke dalam ponsel. Bila ingin mengunduh konten video tersebut, pengguna mesti menekan tombol download (logo panah ke bawah) yg terletak di sisi kiri layar.

Fitur streaming ini sebelumnya cuma dirilis di India. Namun dua minggu selanjutnya, WhatsApp menetapkan merilisnya ke semua pengguna bersamaan dengan pembaruan versi 2.16.352 (Android).

Menurut pantauan KompasTekno, pembaruan aplikasi WhatsApp ini telah mampu didapatkan di Indonesia. WhatsApp dapat diperoleh melalui tautan berikut ini.

Fitur streaming video sendiri belum dapat ditemukan di iOS. Belum diketahui kapan Apple mulai merilis fitur serupa di iPhone.
Sumber: http://tekno.kompas.com