Nasional

Kritik Susi Soal Ekspor Benih Lobster, Ini Komentar Presiden

Kritik Susi Soal Ekspor Benih Lobster, Ini Komentar Presiden

Infotanjungpinang.com, Presiden RI, Joko Widodo. Menjawab kritikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti terkait rencana pemerintah membuka kembali ekspor bibit lobster.

Menurut, Jokowi. Keinginan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo untuk mencabut kembali larangan ekspor bibit lobster harus kita lihat dari efek kemanfaatan dan lingkungannya.

Selain itu, yang paling penting, kata Jokowi, negara dan para nelayan mendapatkan manfaatnya. Ekspor bibit lobster harus memperhatikan faktor keseimbangan. Artinya, nilai tambah untuk dalam negeri harus diperoleh dan lingkunganya juga tidak rusak.,” sebut Presiden.

Jokowi juga menilai, pemerintah tidak bisa hanya melarang ekspor benih lobster. Sebab, banyak nelayan tergantung dengan ekspor benih lobster ini. Jangan juga asal asalan, semua di tangkapin lalu di ekspor  juga tidak benar.

“Keseimbangan itu paling penting jangan hanya bilang tidak boleh ekspor. Nantinya pemerintah bersama para pakar akan mencari solusi terkait hal ini” ungkap Jokowi. usai meresmikan Tol Balikpapan Samarinda, di Kabupaten Kutai Kertanegara, Selasa (17/12/2019). (Rian)