Home Kepri Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Amat Merasa Senang

Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Amat Merasa Senang

17 views
0

Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Amat Merasa Senang

Infotanjungpinang.com, Tanjungpinang. Tontonan Peristiwa Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang berlangsung di Kawasan Laman Bunda, Gedung gonggong pada hari ini (26/12) dari pukul 10.00 hingga 14.00 Wib, menjadi tujuan utama kunjungan warga, khususnya yang dari Pulau.

Salah satunya Kadir (42 tahun), warga Kampung Keramat Pulau Pangkil, Kab. Bintan. Dia katakan kedatanganya ke Tanjungpinang, khususnya, semata mata hanya ingin tahu seperti apa fenomena gerhana matahari kalau di lihat mengunakan alat teleshop yang katanya bisa melihat secara dekat gerhana matahari itu.

“Katenye melihat gerhane matahari secara langsong bise membahayekan bijik mate, make itu lah pagi- pagi sekali saye dan keluarga sudah bangon bergerak dari kampong menaiki pompong menuju ke pinang.

“Tibe di Pelantar KUD, habis mengikat pompong penasaran dengan alat cangih yang katenye bise lebih jelas melihat gerhane matahari cincin itu, kami pon langsong menuju ke Gedung gonggon,” ucap Kadir.

Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Amat Merasa Senang

Ada juga Pajar (48 tahun), warga Teluk keriting. Dirinya sengaja datang ke Gedung Gonggong. Selain untuk menyaksikan gerhana matahari cincin tersebut, dia juga ingin mengikuti ibadah Sholat Sunnah Gerhana yang dilaksanakan di halaman Gedung Gonggong.

Sementara itu, masyarakat  lainya terlihat berkumpul di area pengamatan langsung, dengan menggunakan Kacamata Matahari yang disiapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang.

Selain itu, ada pula Observatorium BOSSCHA Intitut Teknologi Bandung (ITB) yang juga menyediakan teleskop khusus untuk masyarakat yang ingin melihat fenomena matahari cincin tersebut.

 

Rian